MAKANAN DAN KEBIASAAN MAKAN BELUT

Secara alamiah belut memakan berbagai makanan jenis binatang kecil yang hidup atau terjatuh didalam air, seperti : serangga, siput, cacing, anak katak, anak-anak ikan, keong mas, bekicot, belatung dan lain sebagainya. Jadi belut termasuk golongan karnivora yaitu hewan pemakan daging.
Belut yang masih kecil memakan zooplankton yang halus, seperti : protozoa (hewan bersel satu) , mikrokrustasea (udang-udangan renik) , imoertabrata mikroskopik (hewan-hewan tak bertulang belakang yang kecil-kecil).
Belut yang sudah dewasa memakan larva-larva serangga, benih-benih ikan yang masih lemah, cacing, keong mas, bekicot, anak katak, belatung, daging-dagingan, limbah pemotongan hewan dan sebagai alternatif dengan pellet belut.
Karena belut menyukai binatang hidup, maka tak mudah belut mencari makanannya. Untuk itu belut menyergap mangsanya dengan membuat lubang perangkap. Lubang ini dibuat dengan menggali lumpur, baik di tepian perairan maupun ditengah sawah / rawa. Lubang penyergap ini pada umumnya berdiameter 5 cm dan memanjang seperti terowongan. Bentuk lubang mula-mula tegak ke bawah, lalu membengkok dan kemudian mendatar.